Alat Pernapasan Amfibi, Trakea, dan Kulit

Materiajar Dot Com - Selamat datang kembali kawan, kali ini admin akan share tentang Alat Pernapasan Amfibi, Trakea, dan Kulit sebelumnya admin juga sudah mempublish materi ajar ipa sebagai berikut :
  1. Hewan dengan Alat Pernapasan Insang - New!
  2. Paru-paru Dan Cara Merawatnya - New!
  3. Proses Pernapasan Dada dan Perut Pada Manusia - New!
Alat Pernapasan Amfibi
Katak termasuk amfibi sebab hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air. Pada kehidupannya, katak mengalami metamorfosis atau perubahan bentuk. Tahap perkembangan katak dimulai dari telur kemudian menetas menjadi berudu. Berudu hidup di air. Berudu bernapas dengan insang. Pada saat masih berbentuk berudu, insang katak berupa insang luar. Insang luar berjumlah tiga pasang dan terletak di sisi kiri, kanan, dan belakang kepala berudu. Perubahan alat pernapasan mengiringi perubahan bentuk tubuhnya.

penjelasan tentang alat pernapasan amfibi, hewan dengan pernapasan trakea dan kuli

Pada saat berudu mulai berkaki, tumbuh semacam lipatan kulit yang menutupi insang luar sehingga terbentuk insang dalam. Berudu berkaki tumbuh menjadi katak kecil lalu menjadi katak dewasa. Setelah berubah menjadi katak dewasa, pernapasan dilakukan dengan menggunakan paru-paru. Untuk memompa udara masuk ke dalam paru-paru, otot rahang bawah katak mengembang dan mengempis.

Katak juga bernapas melalui kulit. Agar pernapasan melalui kulit dapat berlangsung, kulit harus selalu dalam
keadaan basah. Oleh karena itu, katak senang hidup di tempat berair, seperti di kolam, sungai, dan sawah. Selain bernapas dengan paru-paru dan kulit, katak juga menggunakan selaput rongga mulut untuk mengikat oksigen.

Baca Juga : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Hewan

Hewan dengan Alat Pernapasan Trakea
Hewan yang bernapas dengan trakea adalah jenis serangga, seperti belalang, jangkrik, kupu-kupu, lebah,
kumbang, nyamuk, rayap, dan lalat. Trakea merupakan lubang-lubang halus yang terdapat pada antarruas badan serangga. Dengan gerakan otot yang teratur dan aktif, maka udara akan masuk ke dalam tubuh
serangga melalui trakea.
penjelasan tentang alat pernapasan amfibi, hewan dengan pernapasan trakea dan kuli
Hewan dengan Alat Pernapasan Kulit
Contoh hewan yang bernapas dengan kulit adalah cacing. Agar pernapasan melalui kulit dapat terus berlangsung, maka kulit harus selalu dalam keadaan basah. Oleh karena itu, cacing menyukai tempat yang lembap atau basah sebagai tempat hidupnya.

0 Response to "Alat Pernapasan Amfibi, Trakea, dan Kulit"

Post a Comment