Paru-paru Dan Cara Merawatnya

Paru-paru (pulmo) terletak di dalam rongga dada. Rongga dada dan perut dibatasi oleh sekat rongga badan yang disebut diafragma. Paru-paru manusia berjumlah sepasang, yaitu paru-paru kiri dan kanan. Paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir, sedangkan paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir. Paru-paru terbungkus oleh suatu selaput paru-paru (pleura). Peradangan pada selaput pleura disebut pleuritis.

Baca Juga : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Daur Hidup Hewan

Dalam paru-paru terjadi proses pertukaran udara kotor dengan udara bersih yang diperlukan tubuh. Di dalam paru-paru terdapat gelembung paru-paru yang disebut alveolus (bentuk jamak: alveoli). Jumlah alveolus kurang lebih 300 juta buah. Gelembung paru-paru ini merupakan kumpulan pembuluh darah halus. Gelembung ini berfungsi menangkap udara bersih dan melepaskan udara kotor.


Cara Merawat Paru-Paru
Paru-paru tidak kalah pentingnya dengan organ tubuh yang lain. Paru-paru yang sehat membuat pembakaran sarisari makanan di dalam tubuh berjalan dengan sempurna. Hal ini berarti sel-sel di dalam tubuh selalu mendapat energiyang cukup untuk melakukan kegiatan. Hal-hal yang harus diperhatikan agar paru-paru selalu sehat, antara lain:

Baca Juga : Batang Tenggorokan dan Bagian Bagiannya

a. sering bernapas dalam-dalam,
b. berolahraga di udara terbuka,
c. tidak merokok,
d. istirahat yang cukup,
e. rumah memiliki sirkulasi udara yang baik, dan
f. menanam pohon di sekitar rumah.

Baca Juga: Upaca Pelestarian Hewan dan Tumbuhan 

Demikianlah penjelasan tentang Paru paru dan cara merawatnya, semoga bermanfaat. Salam

0 Response to "Paru-paru Dan Cara Merawatnya"

Post a Comment