Bagian Biji Dan Fungsinya

Materi ajar kali ini adalah tentang bagian bagian biji dan fungsinya yang merupakan postingan lanjutan dari postingan yang sudah dipublish sebelumnya yaitu tentang bagian bunga dan fungsinya. Karena biji mempunyai fungsi yang tersendiri, maka dibawah ini akan dibahas lagi tentang fungsi biji tersebut.

Biji termasuk alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif. Tidak semua tumbuhan memiliki biji. Hanya tumbuhan berbiji yang memiliki biji. Berdasarkan jumlah keping bijinya, tumbuhan berbiji dikelompokkan menjadi dua. Tumbuhan monokotil (berkeping satu) dan tumbuhan dikotil (berkeping dua). Biji terbentuk dari hasil pembuahan. Biji yang ditanam akan menghasilkan calon tumbuhan baru.

bagian bagian biji dikotil

Biji terdiri atas bagian-bagian di bawah ini.

1) Kulit biji
Kulit biji adalah bagian biji yang paling luar. Kulit biji berfungsi sebagai pelindung dari kondisi lingkungan yang buruk.

2) Keping biji
Keping biji terletak di dalam kulit biji. Keping biji merupakan tempat menyimpan makanan dan melindungi lembaga.

3) Lembaga
Lembaga adalah calon tumbuhan baru. Letak lembaga berada di dalam biji. Lembaga terdiri atas bakal akar, bakal batang, dan bakal daun.

4) Daging biji
Daging biji adalah cadangan makanan bagi lembaga. Selama akar tumbuhan baru belum tumbuh, daging biji ini akan digunakan sebagai cadangan makanan.

0 Response to "Bagian Biji Dan Fungsinya"

Post a Comment