Keuntungan Pupuk Organik Dan Kerugian Pupuk Kimia

 perbedaab pupuk organik dengan pupuk kimia

Keuntungan Pupuk Organik Dan Kerugian Pupuk Kimia. Tahukah kamu mengapa saat ini orang lebih banyak beralih pada pertanian organik? Pertanian organik menggunakan pupuk alami/organik bukan pupuk kimia yang berasal dari pabrik. Pupuk alami memberikan beberapa keuntungan bagi kita karena pupuk organik melepaskan mineral secara perlahan melalui pelapukan alami. Oleh karena itu, ketersediaan mineral tanah lebih terjaga dan kita tidak perlu sering memupuk. Hal ini berbeda dengan pupuk kimia, pupuk kimia menyediakan mineral secara langsung namun mineral dari pupuk kimia ini akan lebih cepat hilang dari tanah.

Keuntungan Pupuk Organik Dan Kerugian Pupuk Kimia ; perbedaab pupuk organik dengan pupuk kimia
 
Pupuk organik dan pupuk kimia memang akan melepaskan mineral-mineral yang sama sesuai dengan apa yang dibutuhkan tumbuhan, namun kita juga harus pandai dan bijak dalam menggunakannya. Jika kita terlalu sering memupuk tanah dengan pupuk kimia maka akan berdampak buruk pada lingkungan di sekitar kita. Pupuk kimia akan mudah terlarut dan terbawa oleh air hujan ke sungai sehingga menyebabkan suburnya tanaman air.

Jika tumbuhan air terlalu subur maka akan mengganggu kehidupan ikan. Apabila tumbuhan air tersebut mati, maka organisme pengurai akan membutuhkan banyak oksigen untuk menguraikannya. Kondisi tersebut menyebabkan oksigen terlarut di dalam air menjadi berkurang sehingga dapat menyebabkan banyak ikan atau organisme air yang mati. Selain itu, berkurangnya oksigen terlarut dalam air juga disebabkan kurangnya cahaya matahari yang  tidak dapat menembus dasar sungai sehingga menghambat fotosintesis tumbuhan air. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan eutrofikasi.

0 Response to "Keuntungan Pupuk Organik Dan Kerugian Pupuk Kimia"

Post a Comment