Gejala Listrik Statis ( Percobaan Pada Sisir )

Gejala Listrik Statis ( Percobaan Pada Sisir ). Dua sisir yang telah digosok ke rambut kering ketika didekatkan keduanya saling tolak menolak. Hal tersebut terjadi karena kedua sisir memiliki jenis muatan listrik sama yaitu bermuatan negatif. Begitu pula dengan dua batang kaca yang telah digosok ke rambut kering ketika didekatkan keduanya saling tolak menolak. Hal tersebut terjadi karena kedua sisir memiliki jenis muatan listrik sama yaitu bermuatan positif.

Sisir yang telah digosok ke rambut kering ketika didekatkan dengan batang kaca yang telah digosok ke rambut kering akan tarik-menarik. Hal tersebut disebabkan jenis muatan pada sisir dan batang kaca berbeda, sisir bermuatan negatif sedangkan batang kaca bermuatan positif.

penjelasan dan kesimpulan dari percobaan listrik statis percobaan listrik pada sisir

Dua benda akan tolak-menolak apabila didekatkan karena kedua benda memiliki jenis muatan listrik yang sama, sedangkan dua benda tarik menarik apabila didekatkan karena kedua benda memiliki jenis muatan listrik yang berbeda.

Sisir plastik yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan negatif karena sisir kelebihan elektron (elektron dari rambut berpindah ke sisir plastik). Sementara itu, kaca yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan positif karena kaca kekurangan elektron (elektron dari kaca berpindah ke rambut yang kering). Oleh sebab itu, kedua sisir plastik atau kedua batang kaca akan tolak-menolak apabila didekatkan, tetapi sisir plastik dan batang kaca akan tarik-menarik apabila didekatkan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala Listrik Statis ( Percobaan Pada Sisir )"

Post a Comment